Tenaga Geologi

Tenaga Geologi

 

 

Tenaga geologi adalah tenaga yang dapat mengubah bentuk permukaan bumi atau membentuk relief muka bumi. Tenaga geologi dibagi menjadi dua, yaitu, TENAGA ENDOGEN dan TENAGA EKSOGEN. Tenaga endogen adalah tenaga yang dapat mengubah bentuk muka bumi yang berasal dari dalam bumi, sedangkan tenaga eksogen adalah tenaga yang berasal dari luar.

Dari kedua tenaga tersebut, terbentuklah relief daratan dan relief lautan. Relief adalah perbedaan tinggi rendah suatu tempat, sedangkan yang disebut relief daratan adalah tinggi rendahnya permukaan bumi yang berada di daratan, dan relief dasar laut adalah tinggi rendahnya permukaan bumi yang berada di dasar laut.

 

A.   Relief Daratan

 

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa relief daratan adalah tinggi rendahnya permukaan bumi yang berada di daratan. Relief Daratan dapat dibagi menjadi 2, yaitu:

  1. Relief makro
  2. Relief Mikro

Relief Makro adalah relief/benutk-bentuk permukaan bumi yang mencakup daerah yang luas bahkan satu sampai beberapa benua. Sedangkan relief mikro adalah bentuk-bentuk permukaan bumi yang terdapat pada daerah yang tak luas dan terdapat pada relief Makro.

Relief makro meliputi tiga bentuk permukaan bumi, yaitu Perisai benua, dataran stabil, dan jalur pegunungan

 

  1. Perisai Benua

Perisai benua atau yang biasa disebut SHILED adalah dasar benua-benua yang berbentuk cembung seperti tameng. Sekarang perisai benua terkubur oleh lapsan endapan yang sangat tebal.

 

  1. Dataran Stabil

Dataran Stabil atau Stabile Plateform adalah dataran luas di atas lapisan endapan yang menutupi perisai benua.

 

  1. Jalur Pegunungan

Jalur pegunungan adalah deretan dari gunung-gunug dan pegunungan yang mencakup satu bahkan beberapa benua. Contoh : Sirkum pasifik dan Sirkum mediterania.

 

B.    Relief Lautan

Relief lautan adalah tinggi rendahnya permukaan bumi yang berada di dasar laut.

C.    Tenaga Endogen

Tenaga Endogen adalah tenaga yang dapat mengubah bentuk muka bumi yang berasal dari dalam bumi. Tenaga Endogen dibagi menjadi 3, yaitu Seisme (gempa bumi), Tektonisme, dan Vulkanisme.

1.      Seisme

 Seisme adalah getaran pada kulit bumi (yang biasa disebut gempa) yang terjadi karena tumpukan energi di daerah penunjaman begitu besar sehingga dapat menggoyangkan/menggetarkan kulit bumi. Pusat gempa yang berada di dasar bumi disebut episentrum dan pusat gempa yang berada di atas episentrum (di permukaan bumi) disebut hiposentrum.

2.      Vulkanisme

 Vulkanisme

1.      Tekeonisme

2.       

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: